11 Maret 2012

CINNARIZINE, OBAT ALTERNATIF MABUK PERJALANAN

MABUK PERJALANAN
Mabuk perjalanan atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai motion sickness (motion=gerakan, sikcness=penyakit/gangguan), maka mabuk perjalanan adalah suatu gangguan yang disebabkan oleh adanya gerakan. Hal ini muncul akibat adanya ketidaksesuaian informasi yang dikirimkan oleh indra (pusat keseimbangan ditelinga/vestibular) tubuh ke otak.

Sejumlah aktivitas dalam perjalanan dapat memicu keadaan ini, seperti melihat objek yang bergerak cepat pada saat meliat keluar kendaraan, membaca didalam mobil, dll. Atau bisa juga disebabkan kondisi kendaraan dan lintasan yang dilewati seperti sistem suspensi mobil yang tidak nyaman dan menimbulkan guncangan, kondisi jalan yang tidak rata dan berkelok-kelok. Tidak ketinggalan kondisi fisik anda juga yang paling menentukan seperti kondisi tubuh yang kurang fit atau perut dalam kondisi kosong. 

CINNARIZINE
Cinnarizine merupakan salah satu obat dari banyak obat (seperti dimenhidrinate yang terkandung di Antimo dan dramamine) yang bisa digunakan untuk mabuk perjalanan. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat kontraksi sel-sel otot halus dengan cara memblok "calcium channel". Selain itu, obat ini juga menghambat aktivitas substansi "vaso-active" seperti norepineprine dan serotonin dengan memblok kerja reseptor operasi Ca-channel. Jadi obat ini dapat berguna sebagai profilaksis (pencegahan) mabuk perjalanan. 

Cinnarizne juga diindikasikan sebagai terapi penunjang seperti vertigo (pusing 7 keliling), pusing, tinitus, nistagmus, mual dan muntah. Obat ini juga bisa digunakan pada pasien migrain (sakit kepala sebelah) dan gangguan sirkulasi cerebral (otak). 

Dosis : untuk mabuk perjalanan dewasa 1 tablet 25 mg diminum 2 jam sebelum bepergian atau dapat diberikan 1/2 tablet setiap 8 jam sekali selama perjalanan. untuk anak-anak diberikan 1/2 dari dosis dewasa. Hal yang perlu diingat bahwa obat ini dikonsumsi setelah makan. Hal ini dikarenakan efek samping obat ini yang dapat mengiritasi lambung. 

Hal yang perlu diperhatikan juga jika mengkonsumsi obat ini JANGAN MENGKONSUMSI ALKOHOL atau obat depresan SSP. 

Efek samping obat ini adalah menimbulkan efek somnolen (ngantuk) jadi sebaiknya tidak dikonsumsi untuk para pengemudi kendaraan. 

Nah, itu sedikit mengenai informasi obat cinnarizine dan mabuk perjalanan (motion sickness). Alangkah lebih baik jika para "mabukkers" (orang yang biasa mabuk perjalanan) tidak mengkonsumsi obat-obat antimabuk. Seperti kata orang bijak (gak tau sapa itu) "sebaiknya menggunakan yang alami atau istilah bulenya BACK TO NATURE" maka anda dapat mengkonsumsi permen jahe atau minum air jahe yang berguna untuk mengurangi rasa mual dan muntah. 

Tidak ada komentar: