16 Maret 2012

STOP PENGGUNAAN SIPROHEPTADIN DAN DEKSAMETASON SEBAGAI OBAT GEMUK!

"Kerempeng Mana Keren" mungkin kalian pernah dengar slogan ini, dan tentu ini akan menyakitkan bagi yang merasa dirinya kerempeng. Bahkan kata-kata ini juga dapat mempengaruhi psikologis dari si kurus, ditambah dengan faktor lingkungan sekitar seperti ejekan atau ceemohan, WOW, pasti akan membuat si kurus pengen segera gemuk. Gara-gara hal ini si kurus jadi pengen lebih cepat gemuk dan menghalalkan segala cara termasuk cara instan.

Salah satu cara instan nya adalah mengkonsumsi obat gemuk yang juga telah banyak dipasarkan entah itu obat herbal, jamu bahkan obat sintetik pun digunakan. Obat sintetik yang biasa digunakan adalah siproheptadin dan deksametason. Padahal kedua obat ini bukanlah obat gemuk melainkan obat antihistamin (antialergi) dan antiinflamasi (antiradang).

Mungkin yang akan menjadi pertanyaan kalian "kenapa kedua obat ini bisa berefek menggemukkan padahal itu kan obat antialergi dan antiradang?". Nah, di artikel ini bakalan saya bahas hingga teman-teman dapat mengerti.

Deksametason (dexamethasone) adalah obat golongan hormon kortikosteroid yang diindikasikan sebagai anti radang, rematik dan alergi. Obat ini menyebabkan tertimbunnya cairan di dalam tubuh, terutama di wajah dan pundak. Pipi akan terlihat lebih tembem dan agak bulat (bahasa medisnya, moon face). Timbunan cairan yang cukup banyak ini tentunya berperan menaikkan berat badan anda.

Siproheptadin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi seperti pilek alergi dan gatal-gatal. Obat ini selain berefek sebagai anti alergi, obat ini juga berefek sebagai antiserotonin. Efek ini menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Makan yang banyak tanpa diimbangi dengan pembakaran (olahraga) akan meningkatkan penimbunan lemak di bawah kulit termasuk di bawah kulit perut. Seperti halnya cairan, lemak yang tertimbun juga berperan menaikkan berat badan.

Nah sekarang apa yang membuat obat ini berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang?

EFEK BURUK PENGGUNAAN JANGKA PANJANG DEKSAMETASON
Sebenarnya tubuh dalam keadaan normal memproduksi kortikosteroid alami dalam jumlah yang cukup. Fungsinya, untuk membantu metabolisme tubuh dan melawan stress. Konsumsi obat kortikosteroid dari luar tubuh dalam waktu yang lama akan direspon oleh tubuh dengan menghentikan produksi kortikosteroid alami. Jika sewaktu-waktu konsumsi obat kortikosteroid dihentikan, tubuh akan segera kekurangan kortikosteroid (tubuh kita perlu waktu untuk memproduksi kortikosteroid alami). Akibatnya, metabolisme tubuh akan kacau balau (rebound phenomenon). Bahkan pada beberapa kasus dapat berakhir dengan kematian. Jalan keluarnya, menghentikan penggunaan obat ini secara berangsur-angsur (tappering off). 

Kortikosteroid juga mengakibatkan osteoporosis, peningkatan tekanan darah (Hipertensi), peningkatan gula darah (Diabetes), penurunan daya tahan tubuh (jadi mudah tertular penyakit). Pada anak yang sedang tumbuh, kortikosteroid dapat mengakibatkan terhentinya pertumbuhan tulang.

EFEK BURUK PENGGUNAAN JANGKA PANJANG SIPROHEPTADIN
Siproheptadin memiliki efek samping yaitu mengantuk, mudah lelah, bahkan paling buruk bisa pingsan. Hal penting untuk diketahui bahwa siproheptadin mempunyai cara kerja yang mirip dengan atropin sehingga hati-hati jika diberikan pada penderita asma bronkial, hipertiroid (gondok), penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Nah bagaimana cara yang baik untuk menghentikan konsumsi obat ini jika sudah terlanjur menggunakannya dalam jangka panjang?

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa penggunaan deksametason (kortikosteroid) harus dihentikan secara berangsur-angsur jika dikonsumsi dalam jangka panjang apalagi dengan dosis yang besar. Jadi sarannya : tahap awal turunkan dosis konsumsi deksametason sebanyak setengahnya dan tahap berikutnya turunkan frekuensi waktu minum sebanyak setengahnya misalnya sebelumnya diminum 4 x turunkan jadi 2 x dengan dosis setengahnya. Tahap akhir turunkan frekuensi waktu minum dan perlahan tapi pasti STOP secara total penggunaan deksametason. Saran tambahan dapat juga mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan mineral serta biji-bijan yang mengandung lemak esensial seperti kedelai, kecambah dan kacang tanah.

Hal ini tidak berlaku untuk siproheptadin karena siproheptadin bukan merupakan kortikosteroid jadi siproheptadin dapat dihentikan segera.

Nah bagaimana cara sehat untuk menambah berat badan?

Jika ingin menambah berat badan, maka sebaiknya yang ditambah adalah otot dan bukan lemak. Otot dibentuk dengan olahraga dan protein yang cukup. Yang penting lagi adalah hormon harus dalam jumlah optimal. Seperti Human Growth Hormone, testosterone, dan lain-lain. Untuk itu perlu diperiksa dan berkonsultasi dengan dokter.

Aturlah agar istirahat malam cukup sampai 8 jam, jangan sampai kurang tidur. Jumlah kalori yang masuk melalui makanan harus lebih banyak daripada jumlah energi yang dipakai beraktivitas. Jadi harus lebih banyak makan makanan yang mengandung kalori. Saran saya berupa protein, yaitu daging, ikan , telur, serta karbohidrat sebagai sumber tenaga berupa nasi merah, dan lain-lain.
Vitamin berupa multivitamin atau bermacam-macam vitamin dan mineral, serta yang mengandung zat besi. Multivitamin dapat meningkatkan kesehatan secara umum dan menambah selera makan. Kalau bisa olahraga ditambah dengan mengangkat beban, beli dumbel yang beratnya 5 kg untuk latihan menambah massa otot.

Jadi jika Anda, sanak keluarga, tetangga atau yayank anda yang masih menggunakan deksametason dan siproheptadin dalam jangka panjang sebagai obat gemuk, sampaikan pesan dari artikel ini. Jika ada yang kurang jelas atau tidak percaya dengan apa yang telah saya sampaikan dapat dikonsultasikan lagi dengan apoteker. 

Tidak ada cara instan untuk menjadi yang terbaik, karena ini adalah sebuah perjalanan bukan tujuan. SEMOGA BERMANFAAT ^_^


Tidak ada komentar: